Kamis, 24 April 2014

Selangor!

Aktifitas tim Sayap Surabaya, H-3.
Tinggal hitungan jam saja tim Sayap Surabaya akan berangkat menuju Selangor Malaysia. Tepatnya tanggal 25 April besok, pukul 14:00 WIB. Rencana keberangkatan akan dimulai di terminal 2 Bandara Juanda. 

Rekan-rekan yang mewakili Sayap Surabaya untuk memenuhi undangan Majelis Daerah Hulu Selangor dalam acara bird race KKB adalah Lukman Nurdini, Ryan Essa, Cipto Dwi, Adrian Fauzi dan Fahmi. Acara yang akan kami hadiri adalah acara internasional pertama dari Sayap Surabaya.

X-banner Sayap Surabaya.
Sebagai komunitas pengamat burung yang baru terbentuk, Sayap Surabaya beruntung diberi kehormatan oleh MDHS untuk berpartisipasi dalam acara yang akan diadakan di daerah Genting Selangor. Berbagai persiapan yang telah kami (Sayap Surabaya) lakukan untuk menyemarakkan acara yang menjadi bagian dari “Visit Malaysia 2014” tidak banyak, karena pada dasarnya kami selaku komunitas yang masih tergolong baru, masih sangat perlu akan informasi dan wawasan mengenai burung dan pelestariannya di alam. Terutama informasi untuk mengadakan acara bird race skala internasional yang diadakan oleh MDHS. Kami masih harus banyak belajar dari MDHS dalam segi penyelenggaraan acara.

Peluang baik yang diberikan kepada kami (Sayap Surabaya) selaku komunitas pengamat burung, akan kami manfaatkan sebaik-baiknya. Terutama dari aspek hubungan baik dengan sesama pengamat burung di negeri Jiran Malaysia. Tidak menutup kemungkinan berlaku untuk negara-negara lain yang hadir pada acara tersebut. Pada dasarnya untuk menjaga kelestarian lingkungan beserta isinya dibutuhkan peran banyak pihak.

Jika Malaysia mampu mengadakan acara bird race skala internasional, pikir kami, “Mengapa kami yang mengaku memiliki keaneragaman flora dan fauna yang luar biasa melimpah ini, tidak mampu mengadakan acara serupa di kemudian hari?” Ini pertanyaan yang menjadi motivasi tersendiri bagi kami setelah pulang ke tanah air nantinya.

Sebulan sudah kami mematangkan persiapan untuk kami bawa pada acara tersebut. Kami membuat video kegiatan, pengumpulan dokumentasi biodiversitas tentang burung yang ada di Wonorejo, sampai dengan pembuatan brosur pun juga stiker, untuk mengenalkan Wonorejo sebagai kawasan penting bagi burung. Tidak cukup itu, untuk media branding komunitas, kami menyiapkan akun media sosial, supaya kami dapat lebih dikenal sehingga interaksi dengan para pemerhati kelestarian burung dan lingkungan dapat terjalin baik sesudah perhelatan acara tahunan tersebut.

Cinderamata yang akan Sayap Surabaya bawa ke Selangor.

Brosur Sayap Surabaya, mengenai potensi Wonorejo.
Semoga yang sedikit dari kami ini, akan mampu memperkenalkan potensi keaneragaman Wonorejo di Selangor. Pagi ini telah rampung x-banner, brosur lipat dan cendramata. Tinggal menunggu id card, pin, dan stiker yang tinggal pengambilan di percetakan. Semoga sedikit yang kami lakukan ini, dapat menjadi tabungan semangat untuk terus berkarya menjaga lingkungan tetap bestari. Tabik []

1 komentar:

  1. tahnia.. Semoga yang baru yang bermanfaat. Semangat untuk terus berkarya Sayap Surabaya..

    BalasHapus