#BloggerBicara Komunitas di Surabaya, dengan 100 pembicara koplak!



Tahu Takwaaaaa...
Tahu Takwaaaaa...
Tahu Takwa, Lontong Sateeeeee...
Mulai kecil, Sampai Tuaaaaaa..
Kita Semua Paling okeeeee..” –Yel-yel yang terbentuk dengan tiba-tiba–

Begitulah salah satu kelompok yang berteriak menyanyikan yel-yel di acara #BloggerBicara Komunitas yang diadakan di Coffee Toffee JX International Expo Surabaya kemarin. Acara yang berlangsung pada hari Sabtu 25 Mei 2013 ini, dihadiri oleh 100 peserta dan juga menjadi pembicara di acara yang dimulai pada pukul 18.30 WIB. BLOGdetik dan dibantu oleh dBloggerSuroboyo sebagai penyelenggara, selain menyatukan para Blogger Nusantara juga memfasilitasi para Blogger untuk mengupas tuntas tentang komunitas dan permasalahannya. Kumpul Blogger ini sangat spesial, karena diadakan di Surabaya yang pada bulan Mei ini merupakan hari jadi kota pahlawan yang ke-720.

Oke, apa saja keseruan di acara #BloggerBicara Komunitas?
Saya awali dengan, ‘Lontong Sate’. Sebelum acara dimulai, kami sedang merapatkan duduk supaya para peserta yang lain dapat kebagian tempat, kami disambut dengan lontong sate sebagai hidangan pembuka. Terima kasih para panitia, kalian mengerti apa yang kami inginkan. Makan malam.

Kedua, kapsul kecil yang tak boleh dibuka. Saat kami semua duduk dan menikmati sajian lontong sate, beberapa crew membagikan bungkusan plastik transparan yang membungkus kapsul berukuran jumbo dan tertempeli stiker dengan huruf inisial dan tak boleh dibuka apalagi dimakan. Padahal sempat saya sangka ini kapsul burma, seperti di serial Dragon Ball yang di lempar bisa jadi rumah atau perempuan cantik. Oh ternyata bukan, kapsul yang kami terima ternyata hanya permainan dari para crew koplak yo ben. Kapsul yang bisa berubah wujud menjadi ballpoint yang lucu.

Kapsul aneh tersebut pada akhir acara akan menjadi saksi bisu beberapa orang yang beruntung mengikuti uji ketangkasan, seperti lomba cerdas cermat di televisi. Pada kesempatan ini saya kurang beruntung untuk bergabung, karena inisial pada kapsul tersebut bertuliskan angka 5. Mungkin maksudnya akan mendapat anak 5.

Keseruan selanjutnya adalah mirip acara ospek mahasiswa baru. Kami seru-seruan narik-narik kerah baju orang yang belum dikenal untuk gabung bikin kelompok atau komunitas mini. Waktu itu, saya sempet kejepit kaki-kaki kursi saking semangatnya geser-geser kursi buat dibikin lingkaran. Yaaaahh, terkumpulah 10 manusia koplak, dan alhamdulillah tidak ada korban lagi setelah ini.

Tahu Takwa,
Belum cukup itu kami disiksa sama bung Karel Aderson yang menjadi MC diacara yang sengaja di streamingin via youtube. Kami hanya dikasih waktu 2 menit untuk menentukan nama komunitas dan mendiskripsikannya. Ajeee gilee, “Tahu Takwa, deh.. iya itu ajah, nama kelompok kita.” Diskripsinya: “Penyuka Tahu, yang bertakwaaa.. hahahalaaah..” dan yel-yel kami seperti yang bisa kita lihat diatas, dengan nada dasar G, mengikuti irama Trio Macan dengan lagu Iwak Peyeknya. Dengan intro, ngeplek-ngeplekin jari jempol dan telunjuk. Plek, keplek, keplek..

Mirip seperti acara Lawyer Club di salah satu stasiun tivi, kami duduk melingkar. Dan bung Karel Anderson lebih asyik jika dibandingkan sama K. Ilyas dalam membawakan acara. Kami yang telah membuat lingkaran-lingkaran kecil, merupakan komunitas mini yang beranggotakan dari beberapa komunitas yang telah hadir. Daaan, kami semua adalah pembicara di acara ini. Lempar permasalahan, kemudian lempar jawaban. Alhamdulillah tidak ada lempar kursi atau meja, masih aman dan terkendali. 

Tanpa peduli dari asal komunitas, moto kami: kami datang untuk berkumpul dan bersenang-senang. Karena para Blogger menyadari komunitas yang sudah terbentuk memang dari media online. Dengan adanya kumpul-kumpul bareng ini, kita lebih leluasa untuk buka-bukaan secara offline. Bukan ding, lebih tepatnya share ilmu dan pengalaman. Beradu pemikiran, mengambil kesepakatan. Mencari masalah, meninggalkan?, “kenangan.” Haha

Waktu yang hanya tiga jam buat acara sekeren dan menyenangkan ini sangat kurang. Mungkin dari 100 pembicara ada yang belum tersalurkan hasratnya, untuuuk bertukar ide daaan melampiaskan angen-angennya. Dan yang lebih penting, setelah acara ini kami lebih kaya akan arti komunitas. Bahwasannya, komunitas terbentuk buat kita-kita yang peduli dan ada untuk berbagi. Berbagi apapun yang kalian ingin bagi: istri, suami, uang, atau apalah.. haha malah ngaco!. 

Yah sebelum saya akhiri tulisan untuk review acara #BloggerBicara Komunitas, saya ingin berterima kasih kepada semua fasilitas yang sudah diperkenankan kepada kami, baik itu tempat, sajian makan malam, doorprize, goodiebag, voucher belanja Carefour, helm Honda, powerbank, daaaaan terutama hadiah utama acara ini “Samsung Galaxy Tab” yang masih menjadi tanda tanya kepada siapakah ia akan dilabuhkan. Siapapun itu, saya salut dan apresiasi setinggi-tingginya kepada BLOGdetik, dBloggerSuroboyo, Honda, Relawan TIK, MbaTitis, semoga acara kumpul Blogger dan bersenang-senangnya dapat kembali diadakan lagi dengan lebih meriah dan tentunya semakin koplaaaaaaaaak.

Foto bareng, sebelum tidur.
Tabik.

8 komentar

  1. Balasan
    1. iya kang. syg kemarin gak ikut ngumpul juga ya. seruuuu..:)

      Hapus
  2. Jos Gandos...... Tahu Takwa + Mata Hati......

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha. kang Didik. Salam Pramukaaaa.... :)

      Hapus
  3. Seru banget ya acara #BloggerBicara Komunitas, serunya tuh bisa ketemu dengan kalian, bisa Kopdar bareng, dan tentunya bisa seru-seruan bareng dengan kalian.
    Ya mudah-mudahan kita semua bisa Kopdaran lagi, aamiin.
    Semoga menang kontesnya ya... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas SlameTux.. iya mas, manfaatnya luarbiasa banget kertemu offline dgn para Blogger. Sharing, dan gila-gilaan bareng.

      Amiin mas, semoga event selanjutnya lebih seru, dan kita bisa bersua kembali. :)

      Hapus
  4. wah seru yah, jangan kapok yah ke acara2 dbloggersuroboyo lagi, salam kenal

    BalasHapus

Pasang Iklanmu di sini