Burger Buto


Musim penghujan awal Februari, kami mencoba membawa pembaca menuju kearah selatan meninggalkan Surabaya. Tepatnya di Jalan Sarangan 27, Malang. Kami mencoba sajian ‘kuliner barat’ yang disajikan untuk ‘perut timur’. Ini adalah ‘Burger Buto’, Burger porsi jumbo.
__________________________________________________


Jarum jam menunjukkan pukul 20.00 saat kami sampai di Jalan Sarangan 27, Malang. Memang bukan malam akhir pekan, tetapi suasana di kedai 27 ini, sangat ramai. Terlihat muda-mudi sedang menghimpitkan meja menjadi satu, sepertinya mereka mahasiswa dari Kota Malang yang selesai kuliah, mereka melepaskan penat di kedai 27 sembari menyantap sajian Burger Buto. Tak hanya muda-mudi yang kami amati, di sisi seberang meja tempat kami duduk, terlihat seorang Bapak,Ibu dan ketiga orang anaknya sedang asyik berbagi menghabiskan ‘Burger Long Keju’. Kedai 27 yang menyajikan suasana ruangan dengan aksen kolonial, dengan dinding yang masih terlihat susunan batu bata berwarna merah tua, selain itu juga terlihat foto-foto tua berbingkai pigora yang senada. Membuat suasana di dalam kedai ini seperti menghadirkan kami ke dalam rumah sendiri.

Suasana di kedai 27 Burger Buto.
Burger Keju Spesial.
Burger Buto Long Spesial dengan Saus Sambal.
Burger Buto Long Spesial.
Para Pengunjung yang Kelaparan.
Kami yang hanya datang bertiga sudah tidak sabar ingin mencoba sajian utama kedai ini. Kami langsung memesan sajian utama yaitu ‘Buto keju Spesial’ dan ‘Buto Long Spesial’. Dari beberapa daftar menu yang kami lihat kami penasaran bagaimana Buto ini memikat pelanggan. Kami juga melihat beberapa pramusaji yang menghantarkan pesanan, terlihat burger yang mereka antar sangat besar dan panjang. Jadi kami memutuskan untuk memesan dua item untuk ronde pertama.

Tidak lebih dari 15 menit, sajian untuk kami telah tiba. Burger Buto Keju spesial, dan Burger Buto long Spesial untuk kami bertiga. Burger adalah makanan cepat saji yang memang sangat digandrungi oleh warga Amerika. Kita ketahui bagaimana sekarang kehidupan pada jaman robot, aktivitas bergerak cepat seolah-olah waktu terus mengejar kita. Hal ini membuat burger dan makanan cepat saji lainnya menjadi solusi. Meskipun banyak pendapat yang menyatakan bahwa mengkonsumsi makanan cepat saji itu tak sehat. Tapi beda Amerika, beda Indonesia, di kedai 27 yang beberapa bulan lalu di acara salah satu stasiun televisi swasta, sempat membahas bagaimana manajemen Burger Buto menyiapkan sajiannya dengan membuat sendiri roti-roti dan nuget yang berukuran jumbo. Mereka paham kalau masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Malang, mempunyai selera makan yang tinggi (baca:porsi lebih). Kota yang berada di wilayah kaki gunung Semeru ini, memang menjadi icon kota hujan, di Jawa Timur. Yang membuat kawasan ini menjadi rujukan tempat rekreasi, dan kuliner.

Tempat Kami Duduk Bercengkrama dengan Burger Buto.
Salah satu ikon Burger Buto.
In Room - Burger Buto.
In Room - Burger Buto.
Salah Satu Menu Andalan dalam Logo Buto.
Salah Satu Sudut Luar, Burger Buto.
Waktu menunjukkan pukul 20.30, masih terlihat pengunjung yang berdatangan di kedai ini. Seperti tak menunjukkan bahwa kedai ini akan tutup pada pukul 21.00. Pada kesempatan ini kami memang tak seberuntung biasanya, pada sajian di Burger Buto, kami tak mendapatkan hidangan yang benar-benar spesial, karena pada sajian buto yang kami terima memang tak ada sayuran yang biasanya menjadi satu paket dengan burger kebanyakan. Karena pada saat kami tiba di lokasi sudah menjadi batasan waktu bagi pemilik kedai yang sudah mulai kehabisan stok bahan. Bisa saya bayangkan, bahwa kedai ini sangat ramai pengunjung dari siang sampai saya datang malam ini.

Burger Buto telah terjamah, dan tercatat.

Kami sudah menuntaskan satu ronde untuk Buto yang kami santap secara berjamaah. Niatan awal kami setelah menuntaskan satu ronde, kami ingin nambah ronde berikutnya. Tapi apa boleh buat, lambung yang sudah tak berkutik dibuat sesak oleh ‘Buto-buto’ yang menjelma menjadi Burger, hehe.. Lengkap sudah rasa penasaran kami untuk bercengkrama dengan Burger Buto kedai 27, saatnya kami melanjutkan perjalanan berikutnya, sampai jumpa.

_____________________________________________________________________________
Logistik, Kedai 27 – Burger Buto: Jl. Sarangan 27, Malang. T (0341) 495438. Buka: tiap hari kecuali Senin, mulai pk 12.00-21.00. Burger: Harga mulai Rp10.000 sampai Rp35.000/porsi. Rekomendasi Burger dari kami: Burger Buto Ijo Telor dan Burger Buto Long Keju. Selain Burger di kedai 27 juga terdapat menu makanan, seperti: Nasi Bakar Empal, N.B.Paru Sapi, N.B.Kikil Sapi, N.B.Resep Mertua, N.B.Ayam Ngelauk’i, N.B.Usus Ayam, N.B.Tempe Tahu Penyet, N.B.Bebek Tante-Qu, N.B.Usus Sapi. Makanan: Harga mulai Rp12.000-Rp14.000/porsi. Yes Smoking Area.

8 komentar

  1. Tak terasa setelah baca cerita dari sodara perut ini krucuk" sepertinya berdemo buat meneriakan kata" : Laapeeeerr ^^
    Burger cakilnya satu bang :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, memang mas burgernya porsi besar. mirip buto. tapi kalau yang makan saja sudah seperti buto, bisa-bisa pelayannya kabur. :)

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Kenapa saya harus membaca blog ini di bulan puasa? satu cobaan, hahaha....
    besok weekend pengen lari ke Burger Butoooo.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika sudah mampir, share juga dong pengalaman kuliner di Burger Buto. Mungkin kami waktu itu, cukup kelaparan karena [erjalanan Surabaya-Malang.

      Hapus
  4. Ah versi ny ajumbo jadi laparrrrrrrr

    BalasHapus
  5. "Rekomendasi wisata kuliner yang unik di kota Batu Malang :
    • Steak & Sate Kelinci
    • Jagung & Pisang Bakar
    • Aneka sambal & masakan tradisional khas Jawa lainnya.
    Rasanya extra kuat, tapi harganya relatif murah.
    Suasananya santai & romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Berlokasi tepat diantara Jatim Park & Museum Angkut.

    Warung Khas Batu
    Jalan Sultan Agung 29, Batu, Jawa Timur 65314 (Jatim Park 1 - Museum Angkut)
    Tel / Fax : +62 341 592955
    HP/SMS/Whatsapp: +6285707585899
    BBM : 7D8DEB8C
    www.TheBatuVillas.com/WarungKhasBatu
    www.Facebook.com/WarungKhasBatu

    NB : blogger / pengulas / reviewer / tour guide kami undang test food GRATIS !
    "






















    BalasHapus

Pasang Iklanmu di sini