Kamis, 15 November 2012

Bagaimana cara pergi ke: Semeru, Ranu Pani, Ranu Regulo, Ranu Kumbolo

How to get there (Informasi transportasi)

Bus Ke Arjosari Malang>> berangkat dari terminal Bungurasih ke Terminal Arjosari Malang dengan tarif Rp 20.000,- (Patas), Rp 10.000,- (ekonomi), memakan waktu rata-rata 3 jam perjalanan.


Angkutan Kota Ke pasar tumpang>> menggunakan angkutan kota warna putih dengan trayek Arjosari – Tumpang, memakan waktu 1 jam perjalanan dengan tarif Rp 7.000.


Transportasi dari pasar tumpang ke Ranu Pani: Truk ke ranu pani>> dengan tarif rata-rata Rp 25.000,- s.d Rp 35.000,- (tergantung musim pendakian Semeru), dengan muatan truk minimal 15 Orang baru dapat berangkat. Memakan waktu 1,5 jam perjalanan. Menggunakan Jeep ke Ranu Pani>> sewa Rp 450.000, dapat juga perseorangan kena tarif sekitar Rp 35.000,- s.d Rp 40.000,- untuk per-lima belas orang penumpang, memakan waktu perjalanan 1,5 jam s.d 2 jam, transportasi Jeep bisa di pesan untuk berhenti di lokasi bukit teletubies untuk berfoto (kecuali malam).

Informasi Administrasi sebelum ke Ranu Pani

Sebelum menuju pos ranu pani, setiap pendaki diwajibkan untuk memenuhi kelengkapan administrasi dan perlengkapan di pasar tumpang. Antara lain:

1. Foto kopi identitas: (KTP, SIM ,atau sejenisnya) sebanyak 2 kali.
2. Foto kopi keterangan sehat dari (dokter, puskesmas, atau rumah sakit) sebanyak 2 kali.
3. Tiket masuk dan biaya administrasi sebesar Rp 6.000,- 
4. Jika membawa kamera biasanya dikenakan iuran sebesar Rp 10.000,- 

Jika lupa untuk membawa foto copian ID Card, di sekitaran area Pasar Tumpang terdapat toko yang menyediakan jasa Photocopy (tutup di malam hari, sekitar pukul 20.00 WIB). Jika datang lebih dari pukul 20.00 WIB di Pasar Tumpang, jangan kawatir tidak dapat mengopi ID Card. Anda Cuma perlu berkorban berjalan ke arah utara, ada warung internet (warnet) dan pusat game online, anda bisa menggunakan jasa scanner ID Card, lalu Print out dengan harga Rp 1.000,- per lembar. 

Untuk mengurus surat ijin, anda bisa dibantu dan diantar melalui “Ojek” (transportasi menggunakan sepeda motor) menuju kantor, dengan biaya Rp 10.000,-.

Jika anda tak sempat mengurus surat kesehatan dari tempat anda tinggal. Jangan kawatir, di Pasar Tumpang juga terdapat Puskesmas. Anda dapat meminta keterangan surat sehat untuk pendakian ke Semeru.

Tapi alangkah baiknya jika anda sudah menyiapkan semua kelengkapan dari tempat anda tinggal, selain mengganggu perjalanan. Stamina dan mental anda dapat terkuras disini. Apalagi budget untuk backpacker juga menjadi prioritas. 

What to do (Tumpang)

Menunggu penumpang lain untuk keberangkatan ke Ranu Pani sampai 15 orang atau yang sesuai dengan moda transportasi biasanya membuat kita jenuh, dan mati gaya. Jangan kawatir anda dapat berjalan-jalan disekitaran pasar, berbelanja kebutuhan pendakian.

Banyak dijumpai toserba seperti Indomaret dan Alfamart. Untuk pemenuhan listrik pada gadget, anda dapat mengisinya di teras toserba, atau jika ramai ada persewaan listrik untuk mengisi dengan tarif Rp. 2.000,-/jam. Untuk mengisi dahaga musik anda, atau sebagai buah tangan. Anda bisa berbelanja kepingan CD musik di sekitaran Pasar Tumpang, harga bervariasi antara Rp 2.000,- s.d Rp 5.000.


Where to eat (penting sebelum ke Ranu pani)

Penting sebelum ke Ranu Pani, kita makan terlebih dahulu. Apalagi jika kondisi kita sudah mulai lemas. Karena bisa dibayangkan, jika sudah berada di ketinggian lebih dari 2.100 mdpl dengan suhu mencapai -4 derajat Celcius cenderung kita jarang merasa lapar dan haus. Tiba-tiba badan lemas dan dehidrasi.

Pasar Tumpang menawarkan berbagai macam makanan, sebelum kita berangkat ke Ranu Pani. Dengan kondisi normal makan bisa kita atur menurut selera. Harga bervariasi, sebungkus nasi Bebek goreng Rp 7.000,-.

Biasanya jika tak di musim pendakian atau pada saat acara besar seperti jambore, di Ranu Pani jarang ada warung makan yang buka. Kalaupun buka, harga juga bisa meninggi. Segelas kopi di Ranu Pani bisa sampai Rp 6.000,- untuk dua gelas.
***

26 komentar:

  1. Bermanfaat mas, lanjutkan!
    salam kenal. (PM)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak puji,
      semoga dipergunakan dengan bijak untuk datang ke Semeru. :)

      Hapus
    2. mas rahman klo kita mau mendaki gunung semeru tapi mengunakan mobil sendiri boleh tidak sampai ranu pani takutnya tidak di perbolehkan sama sopir sopir jeep

      Hapus
    3. kalau boleh saya menjawab. "Ada Kemungkinan" dapat mas Anonim. Karena waktu kami kesana, terdapat parkir untuk kendaraan untuk roda empat.

      Tetapi, sekarang perijinan untuk mendaki ke Semeru, semakin ketat. Untuk verifikasi dan perijinan meski melalui booking via web TNBTS.

      Semoga Bermanfaat.

      Hapus
  2. Numpang Tanya mas sebelom,y , apa bener desember nanti sulit untuk mendapatkan izin untuk naik kesemeru ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kemungkinan 'agak' susah. Karena setahu saya ada sistem booking untuk pendakian ke Semeru. sila cek di web Taman Nasional Bromo Tengger Semeru http://www.bromotenggersemeru.com/ Semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. misi, numpang kasi info aja gan. ada info dari Kepala TNBTS 2 Desember 2013 kmren kalo web TNBTS masi diretas, jadi langsung daftar di Pos Ranupani. Matur nuwun , , ,
      http://menit.tv/read/2013/12/02/32047/0/17/Situs-Pendaftaran-Pendakian-Semeru-Lumpuh-Dihacker

      Hapus
  3. Mas si Man, numpang lewat diblognya ya..., buat yang bingung mau boked armada Jeep diTumpang bisa hubungi www.sahabatsemeru.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Mas, naik pick up dari tumpang apakah harus booking dulu atau selalu ada tanpa booking. Apakah harus rombongan?
    Mohon infonya. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik pick up dari tumpang dengan tujuan ke Ranu Pani, ada. Tapi sangat jarang sekali. Akses yang umum untuk ke Ranu Pani dari tumpang adalah menggunakan Truk dan Mobil sejenis Jeep/Hardtop (yang selalu ada).

      Jika ada pertanyaan lain sila langsung ke: abdurrahmanazhimali@gmail.com

      Hapus
  5. Mas, Sby ke ranu pane berapa jam ya? Ada travel yg bisa jemput misal di stasiun atau bandara sby?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang banyak mas, dari travel agen yang menyiapkan penjemputan/drop in kawasan Semeru atau ranu pani.

      Umumnya dari stasiun dan terminal juga telah tersedia angkutan jeep atau mikrolet yang sanggup mengantarkan sampai ke Pasar Tumpang. Dari pasar tumpang bisa menggunakan jeep atau truk langsung ke desa Ranu Pani.

      Hapus
    2. Dari Surabaya menuju Malang estimasi waktu tempuh pada malam hari kurang lebih 3-4 jam. Malang (pasar tumpang) menuju Ranu pani, estimasi 2-3 jam perjalanan menggunakan truk.

      Hapus
  6. Apakah saya dapat melakukan perjalanan ini seorang diri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak disarankan untuk mendaki seorang diri mas. Apalagi ke Semeru, biasanya akan susah saat melakukan perijinan mendaki.

      Hapus
  7. Apakah ada angkutan umum dari ranu pani ke malang dan sebaliknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Angkutan untuk menuju Ranu Pani dari Malang berakhir dari Desa Tumpang. Jika dari Malang ke Tumpang mas Wahyu dapat mempergunakan transportasi umum bemo/angkutan.

      Hapus
  8. Mas si Man...kayaknya harga catatan perjalanannya sudah tidak update, buat temen yang pengen ke semeru bisa hubungi saya 081333088832/083848392999 (Cumi) www.sahabatsemeru.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Posting saya diatas belum update. Tapi secara umum, bisa dijadikan refrensi buat pejalan yang ingin menuju desa Ranu Pani untuk pertama kalinya dengan pengalaman backpacker.

      Terima kasih sahabat semeru, bagi pembaca jika ada yang kurang jelas bisa juga menghubungi saya di 081232727318, 085655328991

      Hapus
  9. Para Agan dan suhu disini,maaf sya mau bertanya......apabila dari malang kota ke arah ranu pane pakai mobil sendiri apakh jalurnya diperbolehkan?????atow apakah harus memakai jasa angkut yang berada di sekitaran tumpang?????Trus parkiran dan tempat penitipan untuk mobil pribadi apakah ada di sekitaran ranu pane???biaya estimasi kr2 berapa perharinya???trima kasih sblmnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Holly Skin,

      1. Apabila dari Malang kota ke arah Ranu Pane pakai mobil sendiri apakah jalurnya diperbolehkan?
      *(Jalur Ranu Pani merupakan jalur alternatif menuju Senduro, Lumajang dan beberapa desa di sekitarnya, akses tergolong sukar untuk dilalui. Tidak disarankan jika belum pernah kesana/pertama kali menuju Ranu Pani)

      2. Apakah harus memakai jasa angkut yang berada di sekitaran tumpang?
      *(Jika tujuan adalah Ranu Pani, disarankan untuk mempergunakan Jeep/angkutan yang berada di Desa Tumpang. Demi kenyamanan dan keamanan)

      3. Parkiran dan tempat penitipan untuk mobil pribadi apakah ada di sekitaran ranu pane?
      *(Pada saat acara besar, seperti upacara kemerdekaan dan acara lain yang diadakan di desa Ranu Pani. Masyarakat dan perangkat desa menyiapkan lokasi untuk parkir kendaraan di Desa Ranu Pani)

      4. Biaya estimasi kira-kira berapa perharinya?
      *(Biaya untuk mobil berkisar 5,000 s.d 15,000 (bergantung weekday dan weekend)

      Terima kasih, semoga bermanfaat.

      Hapus
  10. Saya menawarkan transportasi Semeru, paketan bisa jemput stasiun gak pakai ribet
    081333088832 (whatsapp)
    www.sahabatsemeru.blogspot.com

    BalasHapus
  11. Alternatif transport dr pasar tumpang ke ranu pane selain Jeep apa ya mas? Trus biayanya kira2 berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih tersedia transportasi menggunakan truk, sebesar 55,000/org (pp).
      Lokasi di rumah bapak Rus (lokasi di ruko pasar Tumpang masuk - Rumah banyak stiker pendaki).

      Hapus