Akhir pekan hemat dan pintar: Kampung Ilmu Surabaya

foto: A. Irsan Farohi.
Minggu sore di kampung ilmu, Jl. Semarang No. 55 Surabaya. Nuansa riuh pengunjung pasar buku. Semakin bergeliat dengan hiburan 2 penyanyi di pendopo kawasan kampung ilmu Surabaya. Lokasi kampung ilmu yang tak jauh dari stasiun Pasar Turi, semakin membuat kawasan ini menarik. Surabaya kini semakin melengkapi kawasan wisatanya, setelah Mangrove Wonorejo yang berlokasi di kawasan Rungkut Surabaya. Sekarang giliran jalan Semarang dengan wisata ‘kampung ilmu’-nya. Jalan Semarang memang terkenal dengan pusat pasar buku bekas. Sekarang para pedagang buku dan penggemar buku dimanjakan dengan adanya ‘kampung ilmu’.

Pengunjung selain bisa memilih dan membeli aneka buku, mulai buku memasak sampai dengan buku asing terbitan oxford university. Pengunjung juga bisa menikmati beberapa jenis makanan, seperti bakso, somay, dan beberapa jajanan khas Surabaya. Anda haus dan ingin menikmati sore dengan alunan musik electone, ya dikawasan kampung ilmu anda bisa menikmatinya: mulai dari kopi sampai minuman penyegar yang siap menyegarkan kering diantara panasnya Surabaya.

foto: Irawulan.
Terlihat beberapa stand menjual buku-buku, tak melulu buku yang anda dapati disini. Mungkin setelah anda membeli buku yang anda butuhkan, anda kawatir buku yang anda beli tak tersampul? Jangan kawatir di kawasan kampung ilmu anda bisa menyampulnya layaknya di toko buku besar yang sudah ada. Maklum rata-rata buku yang ada disini memang tergolong lama, tapi untuk isi dan kebutuhan anda jangan diragukan, “Kampung ilmu jawabannya”. Lokasi jasa penyampulan buku berada di sisi barat pendopo. Lokasi pendopo dikelilingi deretan stand buku-buku yang membuat anda kerasan untuk singgah dan membaca di setiap stand buku. 

Jika anda tak ingin membeli, atau hanya ingin berkeliling di kampung ilmu. Tapi hasrat anda tetap ingin membaca. Jangan kawatir, kampung ilmu juga menyediakan perpustakaan. Anda bisa bersantai, tanpa mengeluarkan uang, tetapi hasrat anda untuk menikmati sore dan membaca juga terobati.

foto: Hendraven Saragih.
 
Beberapa wartawan, seniman, terkadang juga terlihat di kampung ilmu. Seperti saya seorang mahasiswa yang penat dengan rutinitas dan ingin mengisi liburan akhir pekan dengan cara hemat, dan pintar. Bisa sekedar duduk-duduk santai sambil minum kopi hitam hangat sembari membaca koran metropolitan, ditemani alunan electone dan nyanyian syahdu yang sedang menyayikan lagu “Gesang – Bumi Emas Tanah Airku”. Cukup menginspirasi untuk esok senin kan. Lah bagaimana akhir pekan kalian? 

0 komentar:

Posting Komentar

Pasang Iklanmu di sini