Minggu, 05 Agustus 2012

Langkah Mantap Bersama Boots

by sammi me
Bagi penulis, peribahasa “Berjalan perihalah kaki, berkata perihalah lidah” dapat dipinjam sebagai deskripsi menjaga sepasang kaki selama perjalanan. Kegiatan traveling tak lepas dari aktivitas melangkah, sehingga diperlukan sepatu mumpuni yang tahan segala cuaca sekaligus nyaman, yaitu boots. Boots berspesifikasi khusus untuk traveling, seperti bepergian dengan cara backpacking, trekking, dan hiking, sampai naik gunung memiliki sebuah patokan yang diberikan senada oleh beberapa penjual boots dari dalam maupun luar negeri, “Gaya termasuk warna dapat dinomorduakan, terpenting adalah kualitas boots  dalam memberikan perlindungan maksimal terhadap kemungkinan cedera. Di sisi lain,  alas sepatu ini harus tetap nyaman saat dikenakan.”

Fungsi utama dari boots spesifikasi khusus adalah menyangga pergelangan kaki tanpa membatasi pergerakan, ditambah keseluruhan konstruksi sepatu yang mampu melindungi kaki terhadap air, lumpur, permukaan berbatu, serta berbagai material di alam terbuka, termasuk duri dan serpihan kayu.
Bila dipilih sesuai peruntukan, menapak jarak jauh pun tidak melelahkan. (Manggalani R. Ukirsari)
lautan pasir bromo, jawa timur.
Beberapa bagian penting dari sebuah sepatu boots yang dapat diperiksa lebih dulu oleh calon pembeli agar terhindar dari kejadian salah pilih adalah: bagian atas yang kedap air namun memiliki pori-pori sehingga kelembapan kaki terjaga dan meminimalkan resiko memar. Sol sepatu dari karet yang mampu memberikan reaksi atas gesekan serta kemungkinan selip saat melangkah di permukaan licin sekaligus berperan sebagai bantalan bagi telapak kaki. Lantas bantalan tambahan terdapat pada bagian dalam sepatu yang melindungi kaki dari suhu rendah dari tekanan. Tambahan lagi adalah lidah sepatu untuk menjaga agar kotoran, air, dan aneka benda kecil tidak masuk dalam sepatu. Tali sepatu yang pengikatannya memiliki sistem tersendiri dari pabrikan, berguna untuk menjaga agar sepatu tetap berada pada tempatnya atau tidak mudah lepas. Selamat mengenakan boots!

sumber: NG Traveler