Kuliah Kerja Nyata - cuma prolog?


kkn - belajar bersama masyarakat

teks dan foto: abdurrahman azhim ali
____________________________________________________________________



 Aku tumbuh untuk mewarnai. Kata yang aneh saat kau sudah menapaki usia kepala dua. Dan berjuang untuk tetap dipandang dewasa oleh Dunia. - abdurrahman azhim -

Belajar bersama masyarakat dalam pengemasan kuliah kerja nyata Universitas Airlangga yang sudah memasuki angka 44. Mempertemukan dan merubah pola pikiran masyarakat dan agent of change seperti kami. Sepertinya aneh?

foto opik kkn-unair
Membahas tentang KKN, mungkin dipikiran saudara bermacam-macam. Dari dulu sampai sekarang KKN (Kuliah Kerja Nyata) melekat bayangan dalam waktu satu bulan berkumpul bersama-sama dan mengerjakan karya untuk masyarakat. Dan beberapa mahasiswa berpendapat kalau KKN seperti kondisi paksaan. Dipaksa mengenal orang lain yang gak jelas dari mana asalnya untuk bekerja dalam satu tim. Dan berusaha mengerti masyarakat, padahal kita sendiri apatis atau antisosial. Pemuda parah, hha..

Membaca ebook ini mungkin akan mengingatkan kembali bagi anda yang sudah mengalami apa itu KKN, dan bagi anda yang belum? Mungkin akan berguna sebagai pengalaman yang bisa dibilang menyenangkan dan juga bisa dibilang membingungkan. Terserah bagaimana anda mengimajinasikannya.

Mengutip dari buku pedoman pelaksanaan KKN BBM UNAIR, pengertian KKN BBM adalah:
KKN-BBM adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa di tengah-tengah kehidupan masyarakat, dengan secara nyata turut membantu memecahkan masalah masyarakat berdasarkan kompetisi keilmuan masing-masing peserta KKN-BBM. Kompentensi disesuaikan dengan situasi, kondisi, masalah, dan prioritas kebutuhan masyarakat di lapangan dengan pendekatan interdisipliner dan ilmiah”.

foto eci kkn-unair
Oleh karena itu, selain kegiatan pengelolaan KKN-BBM tidak saja menjamin diperolehnya pengalaman belajar melakukan kegiatan pembangunan masyarakat secara kongkret yang bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat di mana mereka ditempatkan, kegiatan dan pengelolaan KKN-BBM juga diarahkan untuk menjamin “keterikatan” antara dunia akademik, baik secara teoritik maupun empirik. Oleh karena itu, dalam pembuatan program KKN-BBM harus didasari atas sinkronisasi atau sinergisitas antara masalah apa yang ada dalam masyarakat dengan kompetensi mahasiswa peserta KKN-BBM.

 *** 

Aku berjalan di gang kecil kawasan tempatku KKN, menuju masjid yang cukup luas. Dipandangi puluhan wanita yang sedang duduk di kiri-kanan gang itu. Segera aku ambil air untuk berwudhu.
Setelah aku bersimpuh, aku berharap keajaiban datang setelah aku keluar dari tempat ini. Aku kawatir aku tak mampu menjaga diriku sendiri ditengah-tengah wanita harapan (Red, wanita asusila) kampung ini.
Atau biarkan aku seperti anak kecil yang aku lihat kala senja itu, dengan membawa tas diketiak berisi lembaran buku untuk mengaji dan kertas kosong untuk menggambar muka Ustadzahnya yang sedang melamun menunggu adzan Magrib berkumandang.
Sial Kota apa ini? Aku semakin bersemangat menjelajahi kekelaman kota ini ditengah gemerlapnya Cahayanya. Happy KKN Guys!.
klik untuk melihat penuh ebook kkn ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Pasang Iklanmu di sini