Fosil Peloncat Masa Lalu

Gomphos Elkema
Apa yang meloncat seperti kelinci tetapi mengunyah seperti tupai? Itulah Gomphos Elkema, seekor kerabat purba dari kelinci, sejak 55 juta tahun lalu, yang fosilnya ditemukan di Lembah Nemegt, Mongolia. Penemuan itu menguatkan teori lama yang menyatakan bahwa hewan pengerat dan Lagomorph-termasuk kelinci, pika, dan terwelu-bernenek moyang sama, yang hidup sekitar masa punahnya dinosaurus.

Seperti jackrabbit dan cottontail yang hidup saat ini, Gomphos Elkema memiliki tungkai belakang yang panjang untuk melompat. Dan gigi seri depan yang ditemukan pada rahangnya mirip gigi berakar terbuka pada kelinci modern, yang terus tumbuh dan aus karena kelinci mengunggis nyaris tanpa henti.

Gigi- geligi gerahan binatang punah ini, agak berbeda dari gigi kelinci, kata Robert Asher, kurator binatang mamalia di museum Natural History, Berlin. “Mereka memiliki mahkota dan akar gigi seperti geraham pada seorang manusia atau bajing.” Ekornya yang besar juga mirip ekor tupai daripada kelinci. Satu perbedaan lagi: tengkorak fosil itu menandakan mereka memiliki struktur telinga bertulang seperti hewan pengerat.

teks oleh: Angela Botzer

Pasang Iklanmu di sini