Bagaimana Merawat bulu kucing?



Rambut kucing panjang milik kucing persia, berwarna putih pula, bagaimana bisa bersih, bagaimana bisa bersih seperti salju? Penampilan ini tidak hanya untuk kepentingan cat show, namun juga keindahan. Kucing bersih dengan bulu mengkilap adalah impian pemilik kucing. Tapi memang tidak mudah mendapatkannya, khususnya untuk kucing persia. Ada beberapa hal yang menyebabkan bulu menjadi kusam dan tak lagi putih.


Bulu kucing putih keren, tapi susah dirawat. Gampang kotor dan kusam. Mari kita lihat, bagaimana para Cat Lover merawatnya. -Titik Kartitiani-



Grooming tiap hari
Penyebab warna kusam dan bulu kotor ada dua, yaitu faktorluar dan faktor dalam. Faktor luar ini yang paling mudah dikenali, yakni kotoran yang menempel pada buku kucing. “Kalau untuk kucing yang bermain di luar rumah, setidaknya grooming setiap hari dan washing setiap seminggu sekali,” saran Muhammad Suwed, Ganswed Cattery di Bogor. Grooming di sini dimaksudkan ‘mandi’ kering. Bulu disisir dengan arah berkebalikan dengan arah pertumbuhan. Selesai merapikan bulu-bulu di badan, selanjutnya memberi perhatian khusus pada wajah. Khususnya untuk kucing persia dan eksotik, hidung yang pesek menekan kelenjar air mata. Caranya dengan tissue atau kain yang lembut dengan air hangat yang diusapkan di daerah sekitar mata.

Shampo khusus dan protein
Washing (mandi) perlu dilakukan minimal dua minggu sekali untuk kucing yang ada diluar rumah. Sedangkan yang ada di dalam rumah cukup sebulan sekali. “Kita memakai shampo khusus untuk bulu warna putih,” terang Sugeng. Sampo ini biasanya berwarna biru dan biasanya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan sampo untuk bulu yang tidak putih. Ada tambahan pemutih yang tidak membhayakan bagi kucing. Selain sampo kondisioner juga diperlukan untuk melembutkan rambut kucing.

Vitamin dan nutrisi untuk tubuh tak kalah penting untuk menjaga bulu putih tetap sehat dan indah. Pemberian vitamin dengan teratur memberikan efek yang nyata pada bulu, terutama pemberian vitamin E. Tapi kita tidak perlu memilah-milah jenis vitamin, karena biasanya sudah tersedia paket berbentuk pasta maupun cairan.


Tips: Merawat bulu kucing pasca melahirkan
Pemulihan penampilan bulu tergantung dari perawatan, khususnya nutrisi. Selama menyusui memang tidak banyak yang bisa dilakukan, kecuali menunggu sampai disapih. Kira-kira 3 bulan kemudian, baru diberi perawatan intensif. Caranya dengan memberi vitamin khusus untuk bulu. Khusus untuk bulu panjang, lebih bagus diletakkan di ruang ber-AC.

Pasang Iklanmu di sini